Kamis, 08 Maret 2012

Berburu Hewan Peliharaan

Hari ini kami berkeliling ke beberapa pets shop untuk mencari anjing ras Dogo Argentina. Bukan karena kami ingin memeliharanya melainkan titipan paman yang meminta untuk dicarikan di Jakarta. Kami berkeliling ke Plaza Gajah Mada dimana terdapat blok tertentu yang khusus menjual hewan peliharaan. WOW!! Si kecil  kegirangan melihat begitu banyak hewan-hewan yang sangat menggemaskan. Setiap melihat hewan yang disukainya, dia meminta untuk difoto dengan hewan-hewan tersebut.

Memang menggemaskan melihat anjing-anjing kecil yang lucu dimana-mana. Saya dan suami memang bukan penggemar hewan peliharaan, bagi kami bulu-bulu rontok yang beterbangan dimana-mana cukup meresahkan, belum lagi untuk membersihkan tubuh dan kotorannya, dan merawatnya. Saya pribadi salut dengan pribadi dan keluarga yang bisa merawat hewan peliharaan dengan telaten. Bagi saya, memelihara hewan bahkan lebih merepotkan daripada merawat anak. Really?

Ketika memikirkan pernyataan saya lagi, diatas, ternyata tidak demikian. Untuk memutuskan memiliki anak ataupun memelihara hewan peliharaan, diperlukan komitmen dan tanggung jawab. Maka sering sekali di film-film kita sering melihat pasangan yang mencoba berkomitmen memulainya dengan memelihara hewan peliharaan, yah mungkin untuk mengukur sejauh mana komitmen dan tanggung jawab mereka, atau orang tua yang memberi hewan peliharaan sebagai kado ulang tahun untuk mengajarkan anak tentang tanggung jawab.

Untuk memiliki anak bagi kebanyakan pasangan ini hal yang cukup mudah, tetapi untuk merawatnya dan membimbingnya untuk menjalani hidup yang benar itu cukup susah. Mencoba untuk menjadi orang tua yang baik dan bijak, kita harus belajar dan terus belajar. Dan anak adalah salah satu guru dalam hidup kita, mengajarkan kita akan arti kesabaran, komitmen, tanggung jawab, kasih dan arti cinta tanpa syarat.

Saat ini saya dan suamipun sedang belajar dari guru kecil kami yang sering membuat kami darah tinggi dan tertawa sekaligus. Yah biarkanlah proses ini terus mengalir.

Tidak ada komentar: