Kamis, 17 Oktober 2013

Gadget in My Life

Tiga hal yang berhubungan dengan teknologi yang cukup memberi dampak dalam hidup saya: Internet, Facebook dan smart phone. 

Facebook diluncurkan tahun 2004 (saya baru menggunakannya sekitar tahun 2006) dan sepengetahuan saya smart phone mulai booming sejak tahun 2008/2009 (saya baru menggunakan BlackBerry tahun 2010) ketika provider-provider unggul di Indonesia mulai meluncurkan paket-paket murah, Blackberry mulai menjadi salah satu kebutuhan utama kalangan menengah ke atas. Komunikasi menjadi semakin mudah dan menjadi candu. Apa yang kita lakukan ketika bangun pagi dan menjelang tidur? Ketika berpergian, hal apa yang tidak boleh kita lupakan? Masing-masing punya jawabannya.

Tidak sedikit group komunitas mulai terbentuk. Saya salah satu yang merasakan manfaatnya. Perkenalan yang dimulai dari milist berujung di group BB. Manfaat positifnya; saya dapat menjalin pertemanan dan saling tukar informasi yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari saya sebagai seorang istri dan ibu. Pertemanan itu berlanjut hingga sekarang sejak 2010.

Baru-baru ini, saat membahas tentang social media, teman saya mengatakan "Ketika kita tertimpa masalah, yang kita lakukan sekarang bukan berdoa lagi, melainkan update timeline." Demikian adanya. Saya termasuk salah satu yang sering mengupdate status saya. Ketika senang, sedih, marah, kecewa - semua emosi dapat terbaca dari status BB/Facebook. Bijakkah demikian? hehehe - pertanyaan yang bodoh yah! Dan apabila diperhatikan, biasanya yang 'rajin' update status itu adalah kaum hawa. ;P

Senang rasanya membaca status/timeline teman apabila isinya bermanfaat, tapi apabila isinya yang aneh-aneh, cacian, tumpahan kekecewaan dan kekesalan, kemarahan kepada pasangan atau anggota keluarga atau teman..., rasaya gimana gitu. Komunikasi langsung untuk menyelesaikan masalah yang muncul dihindari, dan komunikasi tak langsung yang dapat diketahui khalayak ramai digunakan. Hehehe..Apa yang didapat? Perhatian dari teman yang mungkin bisa memberikan jalan keluar yang baik, or sebaliknya semakin memperkeruh masalah?

Mungkin banyak yang sudah pernah mendengar pernyataan yang berkaitan dengan perkembangan gadget saat ini, "Mendekatkan jauh dan menjauhkan yang dekat". 
Coba perhatikan di restoran, dimana sebuah keluarga berkumpul, jarang rasanya melihat keluarga yang benar-benar 'hadir', biasanya sibuk menundukkan kepalanya bermain gadget, or sibuk mengetik. Ketika melihat manusia-manusia di meja lain seperti itu saya seperti bercermin. Haha. Beragam karikatur, iklan layanan masyarakat yang muncul menyentil kehidupan sosial saat ini. Salah satu yang saya sukai adalah iklan Disconnect to Connect, yang dibuat oleh DTAC Thailand, ngena banget!

Sisi positif dan negatif muncul, sejauh kita bisa memprioritaskan hal yang penting dalam hidup kita, dan pintar membagi waktu, mungkin semua bisa seimbang. :)

Tidak ada komentar: